Home » Artikel Kesehatan » 5 Makanan Penghilang Stress Yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

 

Sebagian orang mungkin hanya mengenal cokelat sebagai makanan penghilang stres, karena cokelat mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun tahu kah anda, bahwa selain cokelat ada beberapa jenis makanan yang ada di sekitar kita yang juga dapat menghilangkan tingkat stres yang dialami dan juga tetap sehat. Makanan tersebut antara lain:

  1. Bayam

Menurut Beth Reardon, RD, pakar nutrisi dari Duke Intergrative Medicine in Durham, North Carolina, tiga mangkuk bayam bisa menyuplai 40 persen kebutuhan magnesium, yang merupakan mineral yang bisa mengurangi efek stres di dalam tubuh dengan cara mencegah tekanan darah melonjak

  1. Jeruk

Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh dalam studinya mengatakan orang sakit pun bisa mengalami stres. Hal ini dikarenakan tensi darah sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Namun dengan mengonsumsi vitamin C rutin yang terdapat dalam jeruk maka akan memperbanyak sel-sel imun tubuh dan mengurangi risiko masuknya virus.

  1. Cokelat

Sudah tidak asing lagi bukan jika cokelat adalah makanan penghilang stres karena cokelat akan meningkatkan level zat-zat neurotransmitter ke otak yang akan memicu pengeluaran hormon-hormon pembuat senang dan rileks seperti dopamine.

  1. Ikan

Ikan merupakan makanan yang sering dikonsumsi manusia. Kandungan omega 3 dalam ikan laut seperti salmon dan tuna bisa meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi kepikunan. Menurut penelitian, partisipan yang mengonsumsi ikan laut selama 3 minggu diketahui mengeluarkan hormon anti stres yang lebih tinggi saat melakukan beberapa tes kognitif.

  1. Gandum Utuh

Vitamin B yang banyak terkandung dalam gandum utuh akan menstimulasi produksi hormon serotonin. Sebuah hormon dan zat neurotransmitter yang akan mengirim sinyal menenangkan dalam otak. Selain itu gandum utuh akan dicerna tubuh secara perlahan-lahan sehingga hormon serotonin yang dikeluarkan pun akan bertahan lama.

Jadi tak salah rasanya jika anda mengalami stres untuk mencoba makanan tersebut. Konsumsilah secara berkala agar bermanfaat bagi anda.

Sumber: Majalah Jendela CITO Edisi II Juni 2012