Penyakit Lupus, Masalah Autoimun yang Buat Radang Kulit & Organ

Penyakit Lupus, Masalah Autoimun yang Buat Radang Kulit dan Organ

Lupus atau biasa disebut penyakit seribu wajah merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh seperti kulit, sendi, ginjal, jantung, hingga otak. National Resource Center on Lupus milik Amerika Serikat mengungkapkan lebih dari 90% pengidap penyakit lupus adalah wanita berusia 15-44 tahun. Meskipun begitu, tetap saja pria memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit lupus.

Butuh Kepedulian Kepada Pengidap Lupus

Senada dengan fakta tersebut, artis kenamaan Amerika Serikat Selena Gomez juga salah satu orang yang pernah mengidap lupus. Diambil dari perbincangannya di podcast Giving Back Generation, Selena mengatakan bahwa dirinya juga mengidap beberapa penyakit lainnya selain lupus, seperti masalah ginjal dan hipertensi.

“I have lupus and deal with kidney issues and high blood pressure, so I deal with a lot of health issues, and for me that’s when I really started noticing more of the body image stuff. So for me, I really started to notice when people started attacking me for that. And in reality, that’s just my truth, I fluctuate… And that got to me big time. I think for me, that really messed me up for a bit.”

Dari ungkapannya, dapat disimpulkan pula bahwa pengidap penyakit lupus dan penyakit lainnya membutuhkan dukungan moral untuk dapat segera pulih dari penyakit yang diidap. Hal ini dikarenakan, para pengidap akan merasa lebih terpuruk jika tidak mendapatkan dukungan dan kepedulian dari rekanan dan keluarga.

Baca juga: Kadar Gula Darah Normal, Kunci Mencegah Diabetes Mellitus

Gejala dan Pengertian Penyakit Lupus

Sejatinya, penyakit lupus atau penyakit seribu wajah secara umum dapat diartikan sebagai penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang harusnya menyerang virus, bakteri, dan benda asing, justru menyerang bagian tubuh yang sehat. SLE berdasarkan ACR/EULAR 2019 memiliki beberapa gejala yang ditimbulkan adalah sebagai berikut,

  • Demam dengan suhu melebihi dari 38,3 derajat Celcius.
  • Leukopenia, jumlah sel darah putih yang kurang dari 4.000/mm kubik.
  • Trombositopenia, jumlah trombosit yang kurang dari 100.000/mm kubik.
  • Delirium, perubahan kesadaran atau kemampuan untuk fokus.
  • Psikosis, delusi dan atau halusinasi tanpa tilikan.
  • Kejang, kejang umum primer atau parsial.
  • Non Scarring Alopecia, pasien mengalami kerontokan rambut namun tidak disertai adanya jaringan parut di kulit.

Selain beberapa gejala di atas masih terdapat gejala seperti, oral uclers, lupus diskoid, lupus kutaneus akut, efusi pleura, perikarditis akut, dan lain sebagainya. Sedangkan, penyebab dari penyakit lupus dapat berasal dari faktor genetik, hormon, dan lingkungan.

Untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat, Sahabat yang mendapatkan gejala-gejala yang terindikasi mirip dengan penyakit seribu wajah ini dapat segera melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat atau berkonsultasi dengan Dokter. Melalui fitur Ready Dokter yang dapat melakukan panggilan video-call interaktif dengan Dokter yang telah berpengalaman.