(024) 3566749 | WA 0811 275 8028 (Text Only)
Home » Artikel Kesehatan » Kiat Sehat Saat Di kantor

 

Bekerja di kantor dengan waktu kerja yang minimal 8 jam sehari membuat kesehatan menjadi terganggu. Kelelahan dari segi fisik seperti sakit punggung, mata perih akibat radiasi komputer bahkan sampai nyeri di bagian persendian acap kali menghampiri mereka yang bekerja di perkantoran. Pekerjaan dengan duduk diam di belakang meja tidak diimbangi dengan olah raga dan pola makan yang seimbang akan mudah diserang berbagai jenis penyakit. Sehingga perlu adanya komitmen konkret bagi pekerja kantoran yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Beberapa tips yang baik untuk menjalani gaya hidup sehat di kantor yaitu:

1. Olah Raga

Olah raga ringanlah di kantor. Manfaatkan waktu luang ketika istirahat jam siang. Sisihkan 15 menit sehari di kantor untuk peregangan dan melemaskan otot-otot yang ada di badan.

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang banyak merupakan salah satu gaya hidup sehat. Jadi, usahakan tubuh tak dehidrasi dengan meminum air putih setiap 30 menit sekali atau 5 gelas sehari.

3. Pola makan

Kebanyakan pekerja kantoran lebih memilih makan siang yang Instan atau siap saji. Makanan siap saji dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Jadi alangkah baiknya membawa bekal makan siang dari rumah yang pasti lebih sehat, higienis dan bergizi. Selain itu siapkan pula menu untuk sore hari dengan porsi yang lebih kecil seperti salad. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi agar tidak turun di waktu sore hari.

4. Perbaiki postur tubuh

Cara untuk memperbaiki posisi duduk saat bekerja adalah:

a. Pastikan pandangan mata dan layar komputer sejajar sehingga tidak perlu mendongak atau menunduk.

b. Pastikan saat mengetik keyboard, lengan atas dan lengan bawah membentuk sudut 90′. Selain itu, pastikan pula leher dan punggung atas tak tegang ketika jari menyentuh keyboard.

c. Ketika duduk tanpa bersandar, duduklah dalam posisi tegak atau jangan membungkuk.

d. Niat yang kuat

5. Jangan segan-segan untuk berkata “tidak” jika rekan kantor mengajak makan di luar atau makan makanan instan, karena hal tersebut akan membuat sia-sia pola hidup sehat di kantor. Selain itu terus fokus terhadap latihan, pola makan dan pola kerja.

Memang pada dasarnya, mengawali sebuah perubahan untuk sebuah kebaikan kadang. kadang terkesan merepotkan. Namun, dengan menerapkan perilaku sehat di kantor merupakan salah satu cara terbaik dalam menjaga kesehatan.