Kanker Payudara (Ciri-ciri, Penyebab, Faktor Risiko & Penanganannya)

Kanker Payudara (Ciri-ciri, Penyebab, Faktor Risiko & Penanganannya)

Kanker payudara menjadi salah satu penyebab kanker yang paling banyak di antara yang lainnya. Sebelumnya dapat dilihat dari data Globocan jika terdapat 16,6% orang di Indonesia atau sekitar 65.858 orang yang mengidap kanker ini pada tahun 2020. Dari data ini membuktikan jika kanker ini menjadi yang nomor satu dari antara yang lain. Problem ini sudah jadi masalah klasik dan menjadi pokok pembicaraan mengenai kesehatan sejak lama. Lalu apa penyebab dari kanker ini dapat memiliki kasus yang tinggi di negeri ini? Serta bagaimana untuk menangani dan mencegah timbulnya lebih dini?

Penyebab Kanker Payudara

Meskipun penyakit ini tergolong penyakit yang serius dan membutuhkan penanganan yang intensif, bukan berarti kanker payudara tidak dapat ditangani. Penyebab utama dari timbulnya kanker ini adalah adanya mutasi gen dari BRCA.

BRCA adalah akronim dari Breast Cancer Gene. BRCA ini dikenal sebagai gen supresor tumor dan mengandung informasi yang menghasilkan protein untuk memperbaiki kerusakan DNA penyebab terjadinya kanker. Terdapat 2 jenis gen mutasi BRCA yang di miliki setiap orang yaitu BRCA1 dan BRCA2. Adanya mutasi pada gen BRCA1 atau BRCA2 tersebut yang tidak berfungsi semestinya ini yang menjadi penyebab terjadinya kanker payudara. Yang perlu diwaspadai adalah mutasinya ini dapat di wariskan pada keturunannya, sehingga sangat direkomendasikan untuk segera menjalani pemeriksaan genetik jika terdapat histori keluarga yang mengidap.

Baca juga: Kanker Serviks, Dapat Dicegah dan Dideteksi Sejak Dini

Faktor Risiko

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko pada penyakit kanker payudara:

  • Didiagnosis kanker pada atau sebelum usia 50 tahun
  • Mengidap kanker ovarium/kanker pankreas
  • Terdapat tiga atau lebih kerabat yang mempunyai kanker payudara, kolorektal, endometrium, dan prostat
  • Memiliki histori mutasi BRCA 1/2 yang teridentifikasi sebelumnya dalam keluarga

Ciri-ciri Kanker Payudara

Untuk mengidentifikasi lebih dini, kanker memiliki beberapa ciri-ciri yang membantu Sahabat mendeteksi dan segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, berikut adalah ciri-cirinya:

  • Benjolan di payudara, tulang selangka, atau di bawah lengan yang tidak hilang dengan sendirinya setelah haid
  • Nyeri payudara yang tidak hilang setelah menstruasi
  • Terdapat seperti lesung pada kulit area payudara
  • Perubahan pada kulit payudara (meliputi kemerahan, ruam, atau terasa hangat saat disentuh)
  • Perubahan bentuk payudara atau puting
  • Keluar darah pada puting

Baca juga: BRCA Penyebab Kanker Payudara, Dapat Dideteksi CITOGen BRCA

Penanganan yang Dapat Dilakukan

Pemeriksaan genetika BRCA1 dan BRCA2 dapat dilakukan untuk mengetahui potensi dini dari kemungkinan terjangkit kanker ini. Melakukan deteksi secara mandiri, melalui program Pemerintah yang dinamai SADARI juga dapat dilakukan.

Jika menemukan seperti terdapat benjolan pada payudara, segeralah untuk mendatangi fasilitas kesehatan yang sesuai dan lakukan pemeriksaan klinis lebih lanjut. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan mammogram, jika memang nanti didapati kanker payudara pada tubuh dapat dilanjutkan dengan penanganan lebih lanjut seperti chemotheraphy.