Diet Untuk Pemula (Makanan, Jadwal Makan & Tips Lainnya)
WA 0813-2507-9997 (Chat Only) support@labcito.co.id

Diet Untuk Pemula (Makanan, Jadwal Makan & Tips Lainnya)

Dalam menyiasati hidup sehat, banyak hal yang dapat dilakukan. Mulai dari yang mudah hingga yang paling susah. Banyak pilihan dan metode yang dapat dilakukan seperti, olahraga, makan buah, tidak begadang, hingga melakukan diet. Hal terakhir yang disebut (diet) ini tergolong susah dilakukan oleh sebagian orang. Sejatinya, tetap ada cara untuk melakukannya walau hal tersebut tergolong susah. Diet untuk pemula memiliki tips dan cara yang masih termasuk mudah dan diikuti oleh semua orang.

Diet Bukan Hanya Tentang Menurunkan Berat Badan

Diet sangat lekat dan identik dengan metode yang dilakukan oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini tidak salah, namun diet dalam arti sebenarnya adalah cara atau metode yang dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan gizi dengan menurunkan/membatasi konsumsi beberapa jenis dan macam makanan menurut saran dan konsultasi Dokter/Ahli. Dengan ini, maksud dari diet menjadi cukup jelas, bahwa bukan hanya mengenai menurunkan berat badan. Dalam mendapatkan gizi yang lebih seimbang, juga terkadang diperlukan untuk menambah beberapa porsi makanan seperti yang dilakukan atlet. Jadi, melakukan diet dapat memiliki beberapa artian.

Baca juga: Stress dan GERD, Apakah Memang Dapat Berhubungan? 

Tips Diet Untuk Pemula

Diet untuk pemula adalah metode yang mudah dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan gizi dengan mengurangi beberapa jenis konsumsi makanan yang dikombinasi beberapa aktivitas lainnya. Dalam melakukan diet untuk pemula, terdapat beberapa tips dan anjuran yang disarankan untuk yang akan melakukannya, yaitu:

  • Mengikuti pola makan dengan menu yang sehat
  • Take the baby steps atau mulai dari langkah yang paling kecil
  • Pasang target yang realistis
  • Berikan reward untuk diri
  • Ajak rekan untuk melakukan diet bersama
  • Catat & monitor apa yang dimakan
  • Lakukan olahraga yang terstruktur

Baca juga: Lelah Tapi Tidak Bisa Tidur & Badan Juga Capek, Apa Sebabnya?

Jadwal Makan Diet Untuk Pemula yang Tepat

Dalam melakukan diet untuk pemula sangat dianjurkan untuk tidak terlalu membatasi jadwal makan dan bahan makanan. Semua harus dilakukan secara bertahap, terstruktur, dan mengikuti anjuran Dokter. Berbagai hal dapat mempengaruhi keberhasilan diet, salah satunya jadwal makan. Menurut sumber, Jadwal makan bagi diet untuk pemula dapat dilakukan pada pukul 06.00 – 09.45 untuk sarapan, 11.00 – 12.00 untuk makan siang, dan 18.00 – 19.00 untuk makan malam. Sebagai, beberapa hal yang harus dicermati bahwa melebihi jam makan malam akan berimbas kurang baik. Jam malam di sekitar 20.00, kerja lambung akan menurun. Sehingga menyebabkan, makanan akan diolah kurang maksimal dan dapat membentuk penumpukan lemak jahat yang berimbas kurang baik.

Contoh Anjuran Menu Diet

Selanjutnya, bahan makanan yang harus dikurangi juga harus mendapatkan rekomendasi Dokter yang tepat. Mengganti jenis karbohidrat yang lebih berserat, seperti nasi merah adalah baik dilakukan. Mengganti minyak goreng dengan minyak jagung menghasilkan makanan dengan kandungan kolesterol yang lebih rendah. Berikut adalah beberapa anjuran menu diet untuk pemula:

  • Menggunakan nasi merah untuk mengganti nasi putih
  • Minyak jagung untuk mengganti minyak goreng kelapa sawit
  • Tidak mengonsumsi makanan cepat saji
  • Tidak mengonsumsi makanan instan
  • Mengurangi konsumsi makanan dengan bahan tepung
  • Membatasi olahan daging dan menggantinya dengan protein nabati seperti tempe/tahu
  • Minum air putih 2 liter sehari
  • Dapat mencoba metode “diet kopi” untuk mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme

Sebagai dasar menjalani pola hidup yang baik, adalah mengikuti yang ada dalam panduan gizi seimbang harus ada sumber karbohidrat (nasi, kentang, roti serta umbi-umbian), protein nabati (tahu,tempe dan kacang-kacangan), protein hewani (telur, ayam, daging dan ikan), lemak yang sehat (alpukat, olive oil, omega 3, AHA dan DHA), vitamin, mineral serta aktivitas fisik seperti berolahraga yang harus terpenuhi. Anjuran ini mengikuti saran Pemerintah melalui program “Isi Piringku, Sekali Makan”. Dengan banyak macam untuk melakukan diet, coba untuk pilih dari mudah. Lakukan konsultasi yang rutin dengan Dokter untuk mendapatkan anjuran dan program diet untuk pemula yang tepat.