Home » Artikel Kesehatan » Tips Makanan Sehat Untuk Lansia
Tips Makanan Sehat Untuk Lansia
Laboratorium Klinik Cito Mengucapkan Selamat Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.Berikut ini kami hadirkan tips yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan di usia lanjut. Hidup sampai usia senja adalah keinginan setiap insan manusia. Merasakan hari tua bersama keluarga adalah harapan dan karunia dari sang Khaliq. Namun, seiring berjalannya waktu, kadang kala kondisi kesehatan semakin menurun. Sehingga alangkah pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental dengan polas hidup yang sehat, terutamana menjaga asupan makanan. Salah satu cara yang efektif untuk mewujudkan dan menjada hidup sehat adalah dengan keyakinan bahwa apapun yang dilakukan saat ini akan beroengaruh langsung terhadap kualitas kesehatan di masa yang akan datang. Beberapa perubahan fisik yang terjadi pada usia lanjut diantaranya:

  • Tulang semakin keropos dan menipis karena osteoposisis
  • Menurunnya daya tanggap dan kemampuan otak mengalami penurunan
  • Masa otot dan daya genggam tangan semakin berkurang
  • Daya indra pendengaran semakin menurun
  • Meningkatnya tekanan darah

Dari beberapa kondisi kesehatan yang umumnya dialami di usia lanjut, maka akan lebih baik jika kita mampu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat agar nantinya hidup lebih berkualitas. Berikut ini 9 tips yang dapat kita ikuti dalam memilih makanan bagi lansia:

  1. Buatlah makanan yang lunak dan mudah dikunyah agar ketika mengkonsumsi makanan tidak mencederai gusi dan gigi
  2. Perbanyaklah makanan yang berserat, seperti sayuran mentah agar pencernaan lancar dan tidak sembelit.
  3. Mengurangi konsumsi gula dan makanan berkarbohidrat tinggi agar kadar gula darag tetap normal.
  4. Kurangi makanan yang diolah dengan minyak, biasakan memakan makanan yang diolah dengan cara direbus.
  5. Jauhi makanan yang pedas atau asam karena dapat mengganggu kesehatan lambung dan pencernaan.
  6. Untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi, lansia dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam pada makanan yang berlebihan.
  7. Perbanyak makanan yang mengandung kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang.
  8. Kurangi makanan bersantan, mengandung minyak dan daging berlemak karena dapat meningkatkan kadar kolesterol ajahat dalam tubuh.
  9. Perbanyak minum air putih dan mutivitamin agar kondisi badan tetap fit.

Hidup sehat di masa tua adalah impian setiap orang, maka dari itu jangan ragu untuk memulai pola hidup sehat. Sumber: Majalah Jendela Cito, Edisi Ke-4