Home » News » Pelatihan Refresh dan Update Pemeriksaan Analisa Sperma Versi WHO tahun 2010

Pada hari Senin tanggal 25 November 2019, laboratorium Klinik CITO mengadakan Pelatihan Refresh dan Update Pemeriksaan Analisa Sperma Versi WHO tahun 2010  bagi para analis Laboratorium Klinik CITO dari berbagai cabang yaitu Indraprasta, Cipto, Setiabudi, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Yogyakarta, Bantul, Wates, Magelang, Solo, Jaksel, Bogor, dan Surabaya.

Acara ini diadakan di Gedung Laboratorium Kesehatan, Ruang Laboratorium Hematologi Lantai 3 Universitas Muhammadiyah, Jl. Kedung Mundu Raya No. 18 Semarang dengan menghadirkan Dr. Achmad Zulfa Juniarto,MD,MScMed,MMR,PhD, Andrologyst Consultant sebagai pembicara yang menyampaikan materi kepada para peserta.

Analisa sperma sendiri merupakan salah satu cara untuk mengidentifikasi infertilitas factor pria dan menentukan tingkat keburukan infertilitas. Bada Kesehatan Dunia (WHO) secara berkala mengeluarkan manual atau acuan untuk pemeriksaan laboratorium sperma manusia. Acuan pertama dikeluarkan pada 1980, yang kemudian diikuti dengan beberapa pembaharuan pada 1987, 1992, dan 1990. WHO meluncurkan pembaharuan acuan, yaitu edisi ke-5 pada tahun 2010 dengan beberapa perbedaan penting dibandingkan acuan versi-versi sebelumnya. Acuan terbaru dari WHO memiliki lebih banyak informasi yang lebih rinci mengenai pelaksanaan analisis sampel semen dan mengenai bagaimana melakukan tes uji fungsi sperma secara lebih lanjut.

Pelatihan Pemeriksaan Analisa Sperma kali ini diadakan untuk menjawab tututan pasar yang menghendaki update versi terbaru, yaitu versi WHO 2010. Dalam pelatihan ini dr. Zulfa melatih analis mengerjakan pemeriksaan analisa sperma sesuai versi WHO tahun 2010.

Acara yang dihadiri oleh 38 orang peserta ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi pemaparan materi oleh Dr. Achmad Zulfa Juniarto,MD,MScMed,MMR,PhD, Andrologyst Consultant dan diselingi dengan diskusi. Kemudian pada sesi kedua diisi dengan workshop praktikum dengan dibimbing oleh assisten dr. Zulfa. Acara berlangsung sangat hidup dan tidak membosankan karena metodenya sangat aplikatif untuk dapat dipraktekkan langsung di cabang Laboratorium Klinik CITO.

Hal ini merupakah bukti bahwa Laboratorium Klinik CITO terus melakukan peningkatan kompetensi para analis yang dimiliki untuk memberikan hasil pemeriksaan yang terbaik bagi para pasien. Laboratorium Klinik CITO selalu berfokus pada Costumer Sastifaction dengan menjaga serta meningkatkan kualitas hasil dan pelayanan untuk kepuasan pelanggan dengan semangat Continual Improvement.