Home » Artikel Kesehatan » Panel Sindroma Metabolik Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh

Meski sulit diketahui gejalanya, sindrom metabolik termasuk umum terjadi dan dapat dideteksi melalui tes kesehatan. Sindrom metabolik adalah sekelompok masalah kesehatan yang meliputi terlalu banyak lemak di lingkar perut, peningkatan tekanan darah, tingginya trigliserid, meningkatnya gula darah dan rendahnya kolesterol HDL. Kesemua kelompok tersebut akan memicu risiko meningkatnya serangan jantung, diabetes melitus dan stroke.

Sindrom metabolik disebabkan karena kebiasaan hidup tidak sehat, seperti terlalu banyak makan kalori, tidak beraktifitas, dan peningkatan berat badan terutama di lingkar perut. Tercatat bahwa 25% populasi orang dewasa di dunia menderita sindrom metabolik dan 3X lebih beresiko terkena serangan jantung atau stroke (International Diabetes Federation, 2006)

Jika Anda memiliki lingkar pinggang di atas 80 cm (wanita) atau 90 cm (pria), serta kurang dalam aktifitas fisik seperti olahraga. Segera lakukan cek kesehatan segera untuk mengetahui kondisi tubuh kita. Kecenderungan seseorang dengan gaya hidup yang buruk dan kurang aktif bergerak erat kaitannya dengan masalah kesehatan, salah satunya sindrom metabolik.

Istilah sindrom metabolik menggambarkan adanya sejumlah kondisi tubuh seseorang yang dialami secara bersamaan, yakni tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), gula darah tinggi (hiperglikemia), dan obesitas. Kesemua kelompok tersebut akan memicu risiko meningkatnya serangan jantung, diabetes melitus dan stroke.

Dikatakan orang dengan sindrom metabolik adalah setidaknya memiliki 3 kriteria berikut (Australian Family Psycian 2013, NCEP ATP 3, dan IDF:

  1. Obesitas abdominal (Lingkar perut pria ≥ 90, wanita ≥ 80)
  2. Tekanan darah sistolik >130 mmHg, diastolik >85 mmHg
  3. Kadar Glukosa Darah Puasa >100 mg/dL (>5,5mmol/L)
  4. Kadar trigliserida darah ≥ 150mg/dL (≥1,7mmol/L)
  5. Kadar kolesterol HDL: pria < 40 mg/dl (1mmol/L), Wanita < 50mg/dL (1,3mmol/L)

Informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak WhatsApp melalui link di bawah ini.

Pemesanan Pemeriksaan Sindroma Metabolik

Anda dapat melakukan reservasi booking untuk pemeriksaan di tempat kami melalui chat