Kolesterol Tinggi, Gejala, Penyebab, Risiko Penyakit yang Ditimbulkan

Kolesterol Tinggi

Makan makanan yang berlemak dan bersantan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi sudah pasti memiliki banyak peminat. Apalagi yang dimasak seperti ini adalah jeroan, sudah pasti menjadi pilihan untuk makan siang Sahabat. Sebenarnya, makanan tersebut juga berguna dan memiliki peran untuk tubuh. Salah satunya adalah berfungsi dalam membantu produksi hormon penting lainnya seperti testosteron, aldosteron, kortison, progesteron, dan estrogen.

Kolesterol Dapat Diproduksi Alami Oleh Hati

Tubuh tetap membutuhkan kolesterol, karena tubuh membutuhkannya maka tubuh juga dapat memproduksinya dengan alami melalui proses pada organ hati atau liver. Karena tubuh Sahabat juga dapat memproduksi kolesterol maka mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus dihindari. Karena kadar kolesterol yang tinggi ini dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Kolesterol memiliki 2 macam jenis, yaitu Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Cara membedakannya juga mudah, Kolesterol LDL adalah lemak jahat karena tidak dapat ikut larut dalam darah. Sedangkan Kolesterol HDL adalah lemak baik karena fungsinya yang dapat membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati.

Kolesterol LDL, Kolesterol HDL, dan Tligiserida

Dua hal ini bertolak belakang, karena nilai Kolesterol LDL harus rendah. Sedangkan nilai Kolesterol HDL harus baik. Selain 2 jenis kolesterol ini masih terdapat satu jenis lemak yang juga harus diwaspadai nilainya, yaitu Tligiserida. Tligiserida adalah bentuk lemak lain yang dibentuk oleh tubuh (hati), tetapi mayoritasnya berasal dari makanan lain, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega. Tligiserida dari makanan yang dikonsumsi ini akan dipecah dan diubah menjadi energi. Tetapi tetap saja, ketika angka dari Tligiserida ini tinggi juga dapat memunculkan berbagai penyakit. Dilihat dari pasien yang mengalami penyakit jantung, diabetes, atau obesitas, angka kandungan Tligiserida-nya juga tinggi.

Baca juga: Asam Urat (Gout), Apa & Bagaimana Menjaga Kadarnya Normal

Penyebab dan Ciri Gejala Kolesterol Tinggi

Penyebab kolesterol tinggi juga memiliki faktor penyebab yang bermacam-macam. Contohnya, sering mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi pasti bakal membuat kadar kolesterol tinggi. Selain dari pola makanan, pola hidup yang jarang berkativitas fisik dan olahraga juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi. Selain kedua hal tersebut, faktor dari keturunan juga dapat menjadi penyebabnya.

Sedangkan untuk gejala dari kolesterol tinggi ini terkadang tidak spesifik bahkan tidak terasa atau terlihat oleh penderitanya. Pada intinya, lemak yang terlalu banyak akan menyebabkan aliran darah tercampur lemak sehingga menyebabkan darah menjadi lebih kental.

Ketika darah mengandung banyak lemak ini bakal menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah dan menimbulkan plak. Jika terjadi penumpukan lemak yang secara terus-menerus dan plak semakin tebal, maka aliran darah akan terhambat lajunya. Setelah urutan peristiwa tersebut terjadi, maka biasanya akan menimbulkan gejala dan ciri-ciri kolesterol tinggi seperti:

  • Pusing
  • Sakit Kepala
  • Nyeri pada Dada
  • Mudah Kesemutan
  • Mudah Merasa Lelah
  • Mudah Untuk Mengantuk
  • Hingga, Xanthoma (benjolan-benjolan kecil pada kulit dan kulit menguning)

Risiko yang Ditimbulkan Kolesterol Tinggi

Jika gejala-gejala tersebut terjadi, setelahnya dapat berdampak dengan munculnya risiko penyakit. Berkut ini adalah beberapa kemungkinan risiko penyakit dari kolesterol tinggi yaitu, penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga strokeUntuk menghindari  dan mencegah risiko dan gejala dari kolesterol tinggi, Sahabat dianjurkan untuk melakukan olahraga yang rutin dan konsisten. Selain itu, makan makanan yang bergizi seimbang ditambah dengan mengonsumsi makanan dengan rendah lemak akan lebih safe

Sahabat juga perlu untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol melalui pemeriksaan Laboratorium dengan menggunakan sampel darah dari tubuh Sahabat. Pemeriksaan yang berkala dapat memberikan kenyamanan untuk mengerti kondisi dan pergerakan dari kandungan kolesterol dalam tubuh. Berbagai pemeriksaan kolesterol juga dapat diperiksa di Laboratorium Klinik CITO.

Melakukan konsultasi Dokter juga baik untuk dilakukan. fitur Ready Dokter untuk berkonsultasi dengan Dokter berpengalaman dari Laboratorium Klinik CITO juga tersedia. Sahabat dapat melakukan video-call interaktif untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berkonsultasi.

CITO Sahabat Sehat