Home » Infographic » Panduan New Normal Saat Menuju Tempat Kerja

Bagi Anda yang masih bekerja atau kembali bekerja setelah beberapa waktu menjalai WFH (work from home) di tengah pandemi Covid-19 ini. Berikut adalah panduan protokol kesehatan yang harus kita ikuti agar tetap sehat dan mencegah potensi penularan penyakit Covid-19.

Panduan New Normal Saat Menuju Tempat Kerja:

  1. Sebelum berangkat kerja pastikan kondisi kita dalam keadaan sehat. Tidak mengalami gejala demam, batuk, dan sebagainya. Bila Anda merasa kurang sehat sebaiknya tetap berada di rumah.
  2. Kenakan masker selama dalam perjalanan. Baik anda menggunakan kendaraan pribadi terlebih apabila Anda menggunakan sara transportasi umum yang banyak bersinggungan dengan orang lain. Kita tidak pernah tahu apakah seseorang yang kita temui dalam perjalanan benar-benar sehat dan tidak tertular penyakit Covid-19 ini. OTG atau orang tanpa gejala adalah orang yang tidak menunjukkan gejala penyakit apapun namun sebenarnya telah tertular dan menjadi pembawa virus yang dapat menularkannya kepada orang lain termasuk Anda.
  3. Sebisa mungkin tidak menggunakan transportasi umum. Pilihan terbaik bagi Anda yang harus berangkat kerja di tengah pandemi ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi.
  4. Jika Anda terpaksa harus menggunakan sarana transportasi umum, tetaplah menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.
  5. Jangan menyentuh benda apapun di fasilitas umum. Minimalkan kotak dengan benda apapun yang berada di tempat umum.
  6. Selalu sedia hand sanitizer kemanapun Anda bepergian. Bila terpaksa harus menyentuh benda asing di fasilitas umum, segeralah membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer tersebut. Terutama jangan menyentuh wajah sebelum membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.
  7. Bila memungkinkan bayarlah transportasi umum yang Anda gunakan menggunakan metode non tunai untuk mengurangi kontak dengan benda apapun termasuk uang kembalian yang mungkin Anda terima bila membayar menggunakan transaksi tunai.
  8. Jika naik ojek online, gunakanlah helm pribadi.
  9. Selama perjalanan, jangan menyentuh wajah (terutama bagian mata, hidung, dan mulut) dengan tangan Anda. Bila terpaksa harus menyentuh wajah, bersihkanlah dahulu tangan Anda menggunakan Hand sanitizer.

Ikutilah protokol kesehatan new normal saat menuju tempat kerja di atas untuk meminimalkan potensi tertular penyakit covid-19.