Daftar Obat Sirup yang Dilarang dan yang Aman dari Penyebab Ginjal Akut

Daftar Obat Sirup yang Dilarang & yang Aman dari Penyebab Ginjal Akut

Munculnya Obat yang Disuspek Mengandung Glikol

Gangguan ginjal akut pada anak membuat kekhawatiran di ruang masyarakat. Terutama kepada orang tua, gangguan ginjal akut yang disebabkan oleh konsumsi obat sirup anak tentu membuat cemas dan pemikiran yang tidak negatif terhadap obat-obatan anak. Melalui rilis BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia), tim investigasi telah mengidentifikasi berbagai obat sirup mengandung glikol yang beredar di pasar.

Gejala Gangguan Ginjal Akut

Gangguan ginjal akut pada anak adalah suatu kondisi ginjal yang rusak/gagal ginjal secara tiba-tiba, dalam kurun waktu beberapa jam/hari. Gejala awal yang umum dimunculkan adalah seperti urine yang keluar sedikit, mual, merasa lemas tanpa sebab. Yang paling menjadi perhatian adalah jika muncul warna urine yang pekat atau kecoklatan pada anak. Serta urine yang berkurang dari 0,5ml/kgBB/jam dalam 6-12 jam atau tidak ada urine selama 6-8 jam, maka pasien harus segera dirujuk.

Penyakit ini memunculkan kasus yang cukup banyak di Indonesia pada kurun waktu yang cepat. Bahkan Pemerintah telah merilis kematian terhadap 133 anak pada 22 Oktober 2022. Dengan kasus yang sangat cepat ini, gangguan ginjal akut mendapati perhatian khusus hingga Pemerintah melakukan penarikan dan pemberhentian peredaran obat sirup di pasaran. Senada dengan hal ini, National Kidney Foundation juga mengatakan jika penyakit ini dapat ditimbulkan oleh konsumsi obat-obatan pereda gejala sakit kepala, pilek, flu, dan lainnya (NSAID).

Baca juga: Gangguan Ginjal Akut (Pengertian, Gejala & Penyebab)

Daftar Obat Sirup yang Dilarang

Dari sebab obat sirup yang menyebabkan gangguan ginjal akut ini, diidentifikasi bahwa kandungan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, gliserin/gliserol, dinyatakan dapat menyebabkan anak terkena gangguan ginjal akut. Pada 22 Oktober pula, Pemerintah mengeluarkan daftar obat sirup yang tidak dilarang atau dinyatakan aman oleh Pemerintah. Berikut ini link untuk melihat daftar obat sirup yang aman dari glikol. Dan berikut adalah daftar obat sirup yang dilarang:

  • Unibebi Cough Syrup (Universal Pharmaceutical Industries)
  • Unibebi Demam Drop (Universal Pharmaceutical Industries)
  • Unibebi Demam Syrup (Universal Pharmaceutical Industries)

Perlu disadari jika anak-anak harus mendapati perhatian khusus dan mendapatkan obat yang tepat dan tidak mengandung bahan yang dilarang. Pemeriksaan farmakogenomik juga dapat dilakukan untuk melakukan pendeteksian terhadap genetik seseorang dalam mendapatkan personalisasi obat/mendapatkan obat yang tepat untuk tubuh.