(024) 3566749 | Fax (024) 3557770 | WA 0811 275 8028 (Text Only)

Semua lapisan masyarakat perlu menjalankan gaya hidup sehat untuk menjaga agar ginjalnya tetap sehat, antara lain dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang (rendah gula, garam, lemak dan tinggi serat), kontrol tekanan darah dan kadar gula darah, minum air putih minimal 2 liter per hari, tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan dan tidak merokok.

Deskripsi diatas tak jauh dari cara hidup sehat untuk mencegah dan meminimalisir penyakit tidak menular. Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Melalui CERDIK masyarakat bisa memulai menata pola hidup dari mulai mengatur pola makan dan pola istirahat, hal ini menjadi kunci penting dalam hidup sehat. Berikut keterangan lengkap terkait CERDIK:

1. Cek Kesehatan Secara Berkala
Makna C pada kata Cerdik berarti Cek Kesehatan Secara Berkala. Pada umumnya penyakit tidak menular ini bisa dicek sedini mungkin. Jika sejak dini sudah diketahui apa penyakitnya, bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan lebih lanjut.

2. Enyahkan Asap Rokok
Fakta kesehatan mengungkap jika asap rokok tidak bagus untuk perokok aktif maupun pasif.

3. Rajin Aktifitas Fisik
Aktifitas fisik bisa apa saja. Tujuannya yakni untuk membakar kalori. Kalori yang didapatkan dari makanan harus sesuai dengan apa yang kita keluarkan, kalau tidak, bisa menumpuk dan mengakibatkan metabolisme yang bersifat negatif. Dianjurkan setiap hari rutin melakukan aktivitas fisik selama kurang lebih 30 menit baik jogging ataupun olahraga lainnya.

4. Diet Sehat Dengan Kalori Seimbang
Diet bukan berarti tidak makan makanan yang mengandung lemak, gula, dan lainnya.Namun diet di sini artinya mengatur asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Cukup penting untuk mengonsumsi sayur dan buah dengan porsi yang cukup setiap hari.

5. Istirahat yang Cukup
Istirahat juga menjadi cara untuk mencegah mengidap penyakit tidak menular. Minimal dengan melakukan pola hidup sehat, masyarakat bisa melakukan pencegahan dini terhadap penyakit tidak menular.

6. Kelola Stres
Pada huruf terakhir cerdik, Kelola stres juga menjaga peran penting. Setiap orang hidup pasti memiliki masalah sendiri-sendiri, untuk terhindar dari penyakit stres, masyarakat bisa melakukan curhat. Sebab stres pada tingkat tertentu bisa menyerang fisik.

Itulah cara untuk mencegah dini menghindari penyakit tidak menular. (*)