Booking Pemeriksaan atau Konsultasi
Pemeriksaan Rapid Test Covid-19

Covid-19 adalah nama penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-Cov-2.

Berikut ini daftar pertanyaan yang sering diajukan terkait pemeriksaan Rapid Test untuk pemeriksaan penyakit Covid-19.

 

Apa bedanya pemeriksaan PCR dengan pemeriksaan Rapid Test?

  • Pemeriksaan PCR untuk melihat virusnya, sedangkan rapid test untuk melihat antibodi tubuh untuk melawan virusnya. Antibodi ini ada IgM dan IgG.
  • Pemeriksaan PCR mengambil sampel swab, sedangkan pemeriksaan rapid test menggunakan sampel darah. Di CITO sampel darah yang digunakan diambil dari vena dan diproses menjadi serum untuk menghasilkan pemeriksaan antibodi yang lebih valid sehingga menghindari hasil yang negatif palsu.
  • Pemeriksaan PCR bisa melihat adanya virus dari hari ke-0 sejak terpapar virus sampai hari ke-28.
  • Rapid test bisa melihat antibodi IgM sejak hari ke-7 sejak terpapar virus sampai hari ke-21. Sedangkan antibodi IgG bisa terdeteksi sejak hari ke 14 sejak terpapar, dan antibodi IgG ini akan terus ada dalam tubuh kita dan menghasilkan imunitas jangka panjang terhadap virus covid-19.

 

Paket pemeriksaannya rapid test ada 3 pilihan, sebaiknya saya pilih paket yang mana?

  • Bila Anda curiga telah terpapar virusnya dan Anda merasa sehat-sehat saja. Anda bisa melakukan pemeriksaan rapid test saja atau paket 1.
  • Bila Anda curiga telah terpapar virusnya dan Anda sudah mengalami gejala sakit seperti demam, batuk dsb, Anda disarankan pilih paket pemeriksaan 2.
  • Bila Anda curiga telah terpapar virusnya dan Anda sudah mengalami gejala sakit seperti demam, batuk dsb, ditambah dengan sesak nafas atau kesulitan bernafas dibandingkan biasanya, Anda disarankan pilih paket pemeriksaan 3.

 

Apakah pemeriksaan rapid test ini valid untuk memeriksa penyakit Covid-19?

  • Hasil pemeriksaan rapid test ada dua yaitu reaktif (positif salah satu atau kedua antibodinya) dan non reaktif (negatif untuk kedua antibodinya).
  • Bila hasilnya reaktif, Anda disarankan segera menghubungi rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan PCR dan lakukan karantina mandiri meskipun Anda merasa sehat. Bisa jadi Anda adalah OTG (orang tanpa gejala) yang telah terpapar virus tapi Anda tidak sakit karena memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Tapi ingat Anda tetap dapat menularkan virus itu kepada orang lain bila virus itu masih ada dalam tubuh Anda. Virus ini bisa berada dalam tuhuh sampai hari ke 28 sejak Anda pertama kali terpapar virus.
  • Bila hasilnya non reaktif, sedangkan kemungkinan besar Anda telah terpapar virus, maka Anda disarankan untuk tetap melakukan karantina mandiri dan mengulangi pemeriksaan dalam 7-10 hari setelah rapid test pertama. Bisa jadi hasil negatif pada pemeriksaan pertama karena belum terbentuk antibodi di tubuh Anda. Antibodi akan mulai terbentuk pada hari ke-7 sejak Anda terpapar virus.

Pemesanan Pemeriksaan Rapid Test Covid-19 Personal

Anda dapat melakukan reservasi booking untuk pemeriksaan di tempat kami melalui chat

Pemeriksaan Rapid Test Covid-19 Untuk Perusahaan / Instansi

Anda dapat mengajukan permintaan penawaran pemeriksaan bagi perusahaan / instansi Anda melalui link chat berikut ini